Step by Step Posting Artikel dengan Windows Live Writer

windowslivewriterUntuk kedua kalinya saya menulis ulang artikel saya di blog ini sebelum saya hapus. Setelah kemarin sempat menulis ulang tentang mozilla thunderbird, kali ini saya tulis lagi tentang Windows Live writer. Silahkan di simak kembali mungkin ada yang belum tahu ๐Ÿ˜€

Sobat blogger pasti sudah pernah dengar dan mencoba aplikasi Windows Live Writer. Sebuah aplikasi yang blogging yang memungkinkan sobat untuk menulis dulu secara offline baru kemudian mengirimnya ke blog sobat di kala sedang online. Aplikasi ini di berikan secara gratis oleh microsoft sebagai bagian dari aplikasi Windows Live lainnya seperti Messenger, Mail, Writer, Photo Gallery, Movie Maker, Family Safety,ย  dan Toolbar.

Bagi sobat yang ingin mencobanya, bisa langsung mendownloadnya dari http://explore.live.com/windows-live-writer dimana ada pilihan antara versi untuk windows 7dan vista maupun untuk windows XP. Silahkan sobat pilih sendiri sesuai OS yang sobat gunakan. Nah kalau sudah tinggal diinstall aja ke komputer, dan tunggu sampai selesai tapi ingat ini karena yang sobat download adalah installer, jadi untuk menginstalnya harus terkoneksi dengan internet.

Oke, kalau sudah terinstall dengan baik, sekarang saatnya untuk menyettingnya agar terhubung dengan blog sobat masing-masing.

  • Step pertama setelah install, jalankan dulu aplikasinya

wlw

  • Step kedua akan muncul pilihan blog yang kamu pake . Silahkan pilih sesuai layanan blog yang kamu gunakan, kalau ga ada ya pilih aja layanan blog lainnya.

wlw2

  • Step ketiga adalah menambahkan akun blog sobat, isi dengan alamat url blog and username serta password untuk mengaksesnya

wlw3

  • Step keempat setelah kamu isi akun blog and klik next atau berikutnya maka WLW akan mendeteksi and menyambungkan dengan akun blog kamu. Akan tetapi kalo ternyata akun blog kamu tidak terdeteksi atau tidak bisa di akses, maka akan muncul peringatan bahwa WLW tidak bisa mengakses dan akan ada pilhan blog yang mungkin anda gunakan

wlw4

  • Step kelima kalau udah kamu pilih layanan blog kamu, maka akan muncul url posting jarak jauh yang harus kamu isi sesuai nama blog kamu.

wlw5

  • Step keenam setelah bisa tersambung dengan akun blog kamu, maka WLW akan langsung menampilkan halaman kosong tempat kamu menulis artikel kamu yang nantinya dapat langsung kamu publish saat online yang secara otomatis akan masuk ke halaman blog kamu.

wlw6

  • Step ketujuh langsung aja deh ketik artikel yang ingin kamu posting

wlw7

  • Step ke delapan kalau udah selesai ngetiknya, silahkan aja langsung di publish. Atau kalo ingin di simpen dulu juga boleh, nanti pas online langsung aja di publish.

Nah dari step-step di atas kalo udah selesai semua maka sobat udah bisa mulai ngetik artikel secara offline dan saat online nanti tinggal publish aja.

Saat sobat menggunakan gambar dalam artikel di WLW maka saat di publish akan secara otomatis terkirim ke blog sobat.

Semua gambar saya ambil dari artikel terdahulu.

Comments

    1. @Rudy Azhar, Wah kalau itu saya kurang tau mas. Soalnya saya belum pernah memakai Mac. Selain itu kalau dari namanya Windows Live Writer kayaknya cuma bisa untuk OS Windows cmiiw

    1. @Gugun, memang lebih nyaman lewat dashboard mas.
      Tapi dulu saya pernah mencoba dan sekarang pun kadang2 aja ๐Ÿ˜€

    1. @Guusn, udah pasti pernah mas. Kan di atas pengalaman saya sendiri ๐Ÿ˜€ .
      Dan memang tetap lebih nyaman langsung buka lewat dashboard ๐Ÿ˜€

  1. udah dari dulu pake.. emang enak sih pake live writer coz gak dikejar waktu internet.. jadi hemat pulsa..

  2. saya dl juga sering menggunakan ini mas.. tp semenjak pake linux ya gak bs lagi hehehe..
    saya sekarang pake add on scribefire mas

    1. @tomi, add on scribefire itu untuk apa mas?
      Apa langsung di browser ya?
      Wah mas tomi sudah beralih pakai linux sekarang ๐Ÿ™‚