Social Bookmarking, Masihkah Penting Untuk Saat Ini?

social bookmark 2Akhirnya bisa menulis artikel lagi setelah libur lebaran kemarin.he… Kali ini saya hanya ingin menulis artikel ringan aja selain karena baru bingung mau nulis apa, juga masih banyak kerjaan yang menanti and menunggu untuk selesaikan (sok sibuk :D)

Oke kali ini saya hanya ingin mengeluarkan pikiran dalam hati saya sesuai dengan judul artikel kali ini “Social Bookmarking, Masihkah Penting Untuk Saat Ini?”. Sebenernya dari beberapa artikel dan juga info yang dulu saya baca sejak pertama kali ngeblog, dengan social bookmarking maka sebuah blog akan mendapatkan banyak keuntungan selain artikel-artikelnya akan mempunyai backlink dari website-website social bookmarking yang rata-rata mempunyai PR dan traffik lumayan, kalau artikel sobat bagus maka akan mendapat banyak kunjungan melalui website social bookmarking itu.

Nah akan tetapi seiring berjalannya waktu, saya semakin jarang melihat sobat blogger yang menggunakan dan membahas tentang social bookmarking. Atau memang saya yang kurang update ya?he… Kalau saya memang masih percaya bahwa dengan social bookmarking ini bermanfaat untuk satublog.

Nah dari banyaknya social bookmarking saat ini, saya hanya menggunakan beberapa saja seperti gambar diatas maupun yang tombol-tombol ada di bawah tiap artikel satublog yaitu Facebook, Digg, StumbleUpon, Delicious, Twitter, dan Lintas Berita. Selama ini memang setiap update artikel selalu saya bookmark and kirim ke social networking yang saya gunakan. Walaupun kadang masih bimbang juga apakah artikel berbahasa Indonesia bisa mendapatkan traffik juga?he….

Untuk mencobanya akhirnya saya juga memakai social bookmarking dari indonesia yaitu lintas berita. Yang memang selama ini terpercaya dan banyak situs yang mendapatkan traffic dari situs bookmarking tersebut. Termasuk juga satublog ini, salah satu artikel saya yaituΒ Tricks Themes 2 WordPress Theme Yang RinganΒ yang menempati halaman pertama google.comΒ  sedangkan yang saya bookmark di lintas berita dapat menempati halaman kedua google.com juga.

Walaupun memang keyword yang saya pilih bukanlah tentang hal yang ramai di cari pengunjung.he… Tapi ini merupakan salah satu bukti bahwa dengan menggunakan social bookmarking dapat membantu web/blog kita semakin banyak yang terindex dan masuk di halaman google dengan keyword yang kita inginkan.

So…masihkah sobat menggunakan social bookmarking? Belum mencoba dan menambahkan tombolnya di blog sobat? Silahkan baca salah satu artikel saya yang mengulas menambahkan tombol social bookmarking tanpa plugin.

Keep Blogging & Keep Sharing

Semoga Bermanfaat

Comments

  1. Social bookmark tetap penting mas. Matt Cutts (Senior SEO Google) sendiri mengatakan kalau social bookmark tetap menjadi salah satu barometer penentuan ranking blog atau situs. (Terutama sekali Twitter dan Google+)

    Kalau dari social bookmark itu akan mendatangkan trafik atau tidak? Rasanya kurang lebih akan mendatangkan trafik mas. Buktinya, saya ada di sini sekarang, gara-gara lihat status updatenya mas Adi di Google+ πŸ™‚

    1. @Leo Ari Wibowo, πŸ˜† bener juga ya mas.
      Kalau saya memang tetap menggunakannya mas, cuma sekarang ini sepertinya banyak yang share di G+ , Fb , & Twitter. Kalau yang laen saya kurang tahu πŸ˜€
      Komen pertamaxnya langsung masuk spam mas. Maaf ya πŸ˜€

  2. menurut saya masih sangat dibutuhkan mas, bisa sebagai alternatif sumber traffic dan bisa menaikan pagernak juga.

      1. @Adi Wibowo, Omong-omong soal pagerank, Google meng-update pageranknya lagi mas Adi. Soalnya tadi pagi iseng2 pengen tahu harga blog saya (my site’s worth), di situ tertulis pagerank blog saya 2. Sempat kaget. Lah, wong umur blog baru 2 bulan kok dapat pagerank? Rasanya Google Panda ini rada mabok πŸ˜€

  3. saya masih setia dengan tante twitter, om FB dan mbh +google. sebab mereka artikel yang baru ditulis cepat terindex google (pengalaman). ga tau deh lo pendapat yang lain.

    1. @ibnu ismadi, sama dengan saya mas. Tiap update artikel selalu saya buat otomatis untuk share ke FB and Twitter. Dan ternyaa lumayan membantu terindexnya artikel. Kalau google plus ya pakai Plus 1 and share langsung di Google Plus πŸ˜†

  4. sosial bookmarking kebanyakan dilakukan oleh diri kita sendiri ya ? padahal hasilnya sudah sangat memuaskan..dan terbukti mendongkrak serp di mata google
    coba klo visitor yang datang secara sukarela menekan tombol sosial bookmark yang telah kita sediakan, tentu memuaskannya akan berlipat-lipat.
    oiya saya juga senang submit yang manual, dan juga sangat senang yang semi otomatis, salah satunya socialmarker.com

    1. @adhani, iya mas, masih jarang pengunjung yang mau dengan sukarela menekan tombol bookmark. Saya juga kurang tahu sih.
      Kalau like, G+, and Tweet kadang masih ada mas. Kalau yang laen jarang πŸ˜€
      Oh iya, saya cek socialmarker.com dulu.

    1. @Aan A., untuk lintas berita saya ga pakai plugin gan. Itu cuma link saya ambil dari lintas berita and icon saya buat sendiri. Kalau mau ambil plugin atau widget langsung ke lintasberita.com aja gan. Di sana sudah ada lengkap

  5. masih penting banget mas. apalagi kalau buat anak muda yg lgi keranjingan facebookan. kalau artikelnya menarik jadi menyerap pengunjung banget.

    salam kenal. happy blogging. πŸ™‚

    1. @3mnnm8, weh bener juga tuh mas.
      Tapi kalau artikel satublog kebanyakan tentang blog, apalagi temen2 blogger di FB saya masih dikit πŸ˜€
      Salam kenal juga mas

  6. Untuk disubmit ke Lintas Berita, kalau topiknya tentang blogging sepertinya bakalan kurang peminat mas. Kecuali kalau topik-topik ringan/populer (seperti yang biasa terpampang di menu terpopuler pada bagian sidebar LintasBerita).

    Saya sendiri udah jarang banget memanfaatkan situs sosial-bookmarking semacam LintasBerita atau InfoGue. Dulu waktu masih ngeblog di blogspot sempat beberapa kali sih, soalnya dulu saya lebih fokus ke topik hiburan/entertainment. Nah, kalau sekarang, udah jarang banget nulis/mosting topik tersebut.

    1. @iskandaria, he..ya memang seperti itu mas. Traffik dari sana ga terlalu banyak. Tapi yang saya rasakan ialah bertambahnya halaman dan info dari artikel satublog yang ke index oleh google πŸ˜€

  7. kalo saya dulu sering pake vivanews mas, entah itu masuk social bookmark atau kagak deh.. memang trafik membludak, tapi kalo topik yang berat2 susah dapet pengunjung ya idem seperti mas is diatas.. kalo facebook dan twitter juga pake tapi gk ngefek coz gk ada temen…

  8. Saya memang termasuk yang percaya akan kemampuan dari social bookmarking bro. saya sendiri pernah membeli sebuah jasa dari seorang di Fiverr untuk pembuatan akun social bookmarking (untuk Blog wallpaper) dan memang hasilnya lumayan karena ada peningkatan jumlah visitor….

  9. kalau ane malh kagak ngerti tuh caranya.. pa setiap posting kudu di bookmaker mas? ato cuma pas daftar doang? trs referensi bokkmark blog inggris dmn za?

    1. @Detik Zone, kalau saya tiap posting mas. Tapi kalau ga mau repot bisa pakai yang autobookmark aja. Jadi tiap ada postingan langsung secara otomatis terbookmark πŸ™‚

  10. Kalau menurut sy si masih penting dan makin penting gan terutama kalau tu konten bermanfaat banget biasanya dapet traffic lumayan dari social bookmarking tapi sy seringnya cuma pake twitter, FB sama google buzz doang πŸ™‚