Purwodadi Grobogan

purwodadi-groboganPurwodadi Grobogan sebuah kabupaten di wilayah provinsi jawa tengah yang berada di sebelah timur Kota Semarang, berbatasan langsung dengan kabupaten blora, pati, kudus, demak, sragen dan juga boyolali.

Di kota inilah saya dilahirkan dan juga dibesarkan oleh kedua orang tua tercinta saya. Hingga akhirnya saya sekarang merantau di Kota Semarang. Kota Purwodadi lebih terkenal daripada Grobogan, padahal Grobogan merupakan nama kabupatennya. Akan tetapi karena letak pusat pemerintahan ada di kecamatan purwodadi, maka nama purwodadi yang lebih terkenal di masyarakat.

Kota Purwodadi terkenal akan jelek, hal ini terjadi karena memang kontur tanah di kota ini labil dan mudah gerak sehingga tidak butuh waktu lama apabila ada perbaikan jalan dengan model aspal cukup dalam waktu 1-2 tahun akan mulai retak-retak dan juga bergelombang. Bahkan ada anekdot yang sering di ucapkan temen2 waktu kuliah dulu “Purwodadi Dalane Mbletok, Ngeri Tok” 😀 . Ungkapan yang mungkin agak gimana kalau didengar, tp memang begitu kondisinya di lapangan. Akan tetapi memang beberapa tahun terakhir ini sudah mulai ada perbaikan jalan di purwodadi yang kebanyakan sudah tidak dengan aspal lagi tetapi menggunakan beton agar lebih kuat dan tahan lama.

Kota purwodadi terkenal dengan makanan khas yaitu “Swieke”. Makanan yang awalnya dibuat dengan berbahan dasar “kodok” atau katak ini sekarang banyak dijajakan di sepanjang jalan purwodadi semarang. Akan tetapi olahan nya sekarang tidak hanya berbahan dasar “kodok” tapi sudah ada yang menggunakan Ayam. Hal ini untuk memeberikan pilihan bagi pencinta kuliner yang agak atau kurang suka dengan “kodok”.

Selain swieke ada beberapa juga tempat kuliner yang khas dari purwodadi ada pecel gambringan, ada ayam bakar noroyono, dan masih banyak lagi. Hem…perlu dibuat tulisan sendiri nih kayaknya.hehe.. Kemudian untuk tempat wisata di purwodadi grobogan juga lumayan banyak, walau memang masih kurang perawatan dari pihak dinas terkait. Misalnya saja untuk tempat wisata terkenal di purwodadi yaitu, Bleduk Kuwu, Api Abadi Mrapen, Waduk Kedungombo, Air Terjun Gulingan, Air Terjun Widuri, Makam Ki Ageng Selo, Sendang Coyo. Dan masih banyak lagi tempat wisata yang saat ini baru di explore sama teman-teman dari Wisata Grobogan.

Oke itulah sedikit cerita dari Purwodadi Grobogan tercinta, semoga nanti menyusul cerita yang lebih mendalam lagi dari tempat wisata maupun wisata kulinernya.hehe…

Posted from WordPress for Redmi 1s

Source Image : FP Wisata Grobogan

Kata kunci pencarian:

Comments

  1. Purwodadi keren kok mas… Saya yakin bisa jadi kabupaten paling maju se jawa tengah bila kita bisa menggali potensi – potensinya. Terutama para pemudanya yang super cerdas. 😀

    1. Betul mas edi, purwodadi memang keren cuma untuk saat ini potensinya belum banyak yg muncul. Tinggal lihat kedepan nanti semoga pemuda-pemudanya semakin gencar mempromosikan purwodadi agar semakin terkenal dan potensinya bisa tereksplor lebih banyak lagi 😀

    1. Ga kok mas, itu kan aku ambil dari Fanspage nya Wisata Grobogan. Udah tak kasih link dibawah artikelnya tuh.hehe

  2. mohon dituliskan alaamt lengkape mas,,,, soale banyak yang nanya tapi kami sendiri, pas lokasinya belum begitu faham,,,hanya sekali kesana pas KKN,,,, mohon ditunjukan routenya mas,,,,,, nuwun,,,,,