Optimalkan Blog WordPress Self Hosting Dengan Plugin Jetpack

Jetpack-for-WordPressBagi sobat blogger pengguna wordpress self hosting pasti ga akan pernah ketinggalan dengan namanya plugin wordpress. Yup plugin dalam wordpress ini memang memiliki fungsi banyak sekali dan dapat membuat blog kita yang awalnya sederhana menjadi sangat-sangat powerfull. Mulai dari plugin untuk SEO, plugin untuk gallery image, hingga plugin untuk membuat online store pun tersedia untuk wordpress. Hanya dengan penambahan plugin yang tepat, maka blog wordpress sobat dapat menjadi bagus dan sangat beda dengan blog lainnya.

Akan tetapi karena ada ratusan plugin yang dibuat oleh para developer, maka kebanyakan dari sobat blogger pemula pengguna wordpress menjadi bingung dalam memilih dan menentukan plugin yang akan digunakan. Nah bagi sobat yang baru belajar atau yang udah lama ngeblog juga, ada salah satu plugin yang menurut saya bisa mengoptimalkan blog kita yang bernama Jetpack. Jetpack merupakan plugin yang dibuat oleh team dari wordpress.com. Plugin ini bisa membantu sedikit mengurangi penggunaan plugin yang berlebihan, karena di dalam sudah memiliki banyak fitur yang kita butuhkan.

Jetpack-Satublog-WordPress

Nah gambar di atas merupakan sedikit screenshot dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh plugin jetpack. Plugin jetpack ini bisa di sebut sebagai kumpulan beberapa fitur yang ditawarkan dan tersedia di wordpress.com, hampir semuanya sama persis. Dengan menggunakan plugin ini, maka blog wordpress sobat akan mempunyai fitur-fitur yang sama dengan blog yang ada di wordpress.com.

Saat ini fitur yang ada di plugin jetpack versi 2.9.1 ada 32 Β fitur yang bermanfaat dan sedikit mengurangi penggunaan plugin yang lain. Kalau dari gambar di atas memang hanya saya ambil sedikit saja, contohnya ada fitur related post untuk menampilkan link artikel yang sesuai di bawah artikel, kemudian ada sharing untuk menampilkan tombol-tombol social media yang biasa kita gunakan untuk sharing artikel semisal FB, Twitter, Google +, dan masih ada lainnya. Selain itu ada publicize juga yang bisa membantu kita mempublikasikan artikel terbaru secara otomatis sesuai keinginan kita tentunya dengan settingan tertentu.

Nah masih banyak fitu-fitur jetpack lainnya yang kalau di ulas di sini menjadi panjang banget, mungkin nanti kita bahas di artikel yang berbeda saja dengan ulasan lebih mendalam. Oke segitu dulu artikel singkat kali ini, semoga tetep semangat dan bisa jalan-jalan ke blog sobat semua.

Keep Blogging & Keep Sharing

Semoga Bermanfaat

Comments

  1. Sebenernya artikelnya bagus sekali om, tapi harap dimaklumi, saya ga
    ngerti apa-apa masalah ini. jadi cuma bisa numpang ninggalin jejak doang πŸ˜€

  2. Kalau sudah terintegrate dengan Jetpack, apakah jika hosting dan domain web kita sudah tidak kita urus, masih bisa dibuka om melalui wordpress.com?

    1. jetpack hanya menyambungkan dengan wordpress.com saja pakdhe untuk bisa menggunakan fitur2 dr wordpress, tapi kalau domain dan hosting expired ya ilang semua datanya. CMIIW πŸ™‚

  3. Kayanya bagus juga ni kebetulan pengen ngurangi plugin πŸ™‚
    sy coba dilocalhost dulu bisa kali yah

    1. bener mas kukuh, wordpress memang banyak banget pluginnya.
      makanya bisa powerfull kalau bisa menggunakannya πŸ˜€

  4. Sebenarnya postingannya bagus sekali om, tapi harap dimaklumi, saya ga ngerti apa-apa masalah ini.
    jadi hanya bisa numpang ninggalin jejak doang πŸ˜€

  5. thank gan, ane langsung aplikasikan jetpack ini, tapi masih bingung untuk posting via email. mohon dibahas