Mozilla Thunderbird

mozilla-thunderbirdSetelah hampir 2 minggu blog ini tanpa ada artikel baru, kali ini saya hanya ingin menulis ulang artikel yang dulu pernah saya publish di blog ini juga sebelum saya hapus semua.he.. kurang kerjaan kayaknya apa kehabisan ide ya?he…. 😀

Hampir semua pengguna internet baik seorang blogger dan yang lainnya saya yakin pasti akan mempunyai email tidak cukup hanya 1. Mungkin dari beberapa layanan email gratis eperti gmail, yahoomail, maupun hotmail, saya rasa pasti ada di antara satu yang sobat miliki. dan menurut saya paling banyak di gunakan bagi sobat blogger ialah gmail. Karena bagi blogger yang mempunyai blog di blogger/blogspot secara otomatis mempunyai account google yang juga merupakan alamat email sobat di gmail.

Nah bagi sobat yang mempunyai banyak email pasti akan sedikit merasa kebingungan maupun repot saat harus membuka email yang berbeda setiap kali buka browser. Itu merupakan hal yang saya rasakan dahulu kala. Begitu repotnya, karena memang saya menggunakan account gmail yang berbeda dan saya sesuaikan dengan fungsi masing-masing.

Setelah lama merasakan repot akhirnya saya baru menggunakan email client dari mozilla thunderbird yang sekarang menjadi solusi dalam mengelola email saya yang jumlahnya tidak cuma satu.he…

Sebenernya bagi sobat yang menggunakan aplikasi office dari microsoft pasti sudah mengenal microsoft outlook yang mempunyai fungsi sama dengan mozilla thunderbird. Akan tetapi karena saya gaptek dengan microsoft outlook jadi saya pake mozilla thunderbird aja yang free dan mudah penggunaannya.

Dengan menggunakan Mozilla Thunderbird saya merasakan kemudahan dalam mengelola email, tidak perlu tiap kali login untuk membuka and mengecek email yang masuk. Karena tinggal klik sekali maka semua laporan email yang masuk dapat kita buka secara langsung lewat mozilla thunderbird. Bahkan lebih enak lagi semua email bisa kita baca secara offline tanpa harus terhubung dengan internet apabila memang kita butuh mengeceknya email yang telah lalu.

Oke, bagi sobat yang ingin mencobanya silahkan download dulu aplikasi mozilla thunderbird dari situs http://www.mozillamessaging.com. Saat artikel ini saya tulis, thunderbird dalam versi 3.1 dan sudah mendukung berbagai platform Operating Sytem dari Windows, Mac OS X, serta GNU/Linux.

Kalau udah sobat download, tinggal install seperti biasa. Bagi pengguna windows tinggal klik and tunggu hingga selesai, bagi pengguna ubuntu silahkan sobat cari di ubuntu software center kalau sudah tinggal klik saja. Untuk yang lainnya saya kurang tahu karena memang belum pernah menggunakannya.

Setelah proses install selesai sekarang tinggal setting email account sobat. Klik Create Mail Account maka akan muncul 

mozilla-thunderbird

silahkan masukan data email sobat dan tunggu mozilla thunderbird melakukan sinkronisasi data dengan database yang dimiliki mozilla. Kalau cocok maka akan terjadi proses download email dari serber google ke komputer sobat. Kalau dalam jumlah email dalam account banyak banget, maka akan membutuhkan waktu agak lama untuk melakukan download. Tapi sobat tenang saja kalau proses download akan berlangsung selama sobat buka dan terkoneksi dengan internet.

Oke kalau sudah, tinggal masukkan email sobat yang lain dengan klik new mail account pada toolbar di atas. Sekarang semua email sobat sudah ada dalam satu tempat. Jadi lebih mudah mengelolanya, aktifitas seperti kirim email pun bisa di lakukan lewat thunderbird jadi ga perlu harus melalui web browser.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Comments

  1. saya sendiri lebih suka membuka email satu per satu mas dari pada menggunakan thunderbird. karena email syaa cuma 2 jadi g makan waktu banyak.

    1. email saya yang sering di gunakan juga cuma 3 mas, tapi dengan thunderbird ini saya jadi bisa mengontrol semua email cukup dengan sekali klik aja tanpa harus buka satu-satu.he..

  2. wah, gak pake 2-2nya malahan, akses manual langsung dari browser, mungkin nanti kedepannya bisa pake itu. hehehe.

  3. saya malah baru mau coba pake thunderbird ini mas, soalnya email saya udah mulai banyak dan keperluannya beda2.