Langkah Pertama Membuat SEO Friendly Blog WordPress

seo

Setelah beberapa kali saya menulis tips tentang wordpress, sepertinya sedikit sekali artikel tentang SEO atau bahkan belum ada ya?he.. Mulai artikel ini saya ingin berbagi tips dan trik tentang SEO. Seluruh tips dan trik SEO yang akan saya bagikan merupakan pengalaman saya selama ini  belajar dan mempraktekan langsung. Walaupun memang satublog belumlah teroptimasi secara maksimal dalam hasil pencarian Google, akan tetapi saya ingin membagi semua yang saya pelajari dan praktekkan untuk sobat semua. Hal ini saya lakukan agar tidak lupa dan nanti semakin menumpuk ide dalam otak saya yang membuatnya jadi males nulis 😆

Oke, udah panjang basa-basinya untuk tips kali ini hanya untuk blog dengan platform wordpress, karena saya juga menguasainya hanya wordpress :D.

Langkah pertama saya untuk membuat SEO friendly pada blog wordpress ialah dengan menyeting “privacy setting” dan “permalink” dari blog yang kita miliki.

  • Privacy Setting

Untuk melakukan konfigurasi dari privacy setting, sobat cari di bagian Dasboard -> Setting -> Privacy.

Kalau sudah maka tinggal di klik maka akan tampil halaman seperti ini

privacyPrivacy setting ini sangat berpengaruh bagi SEO dari blog sobat. Walau memang sepertinya merupakan hal sepele, tapi ini penting dan utama. Karena di bagian privacy ini mempunyai 2 opsi yaitu “ I would like my site to be visible to eceryone, including search engines (like Google, Bing, Technorati) and archivers”  dan “I would to block search engines, but allow normal visitors“.

Apabila sobat ingin blognya terindex dan masuk dalam pencarian dari search engine, maka jangan lupa untuk memilih opsi yang pertama. Sedangkan opsi yang kedua, blog sobat tidak akan terindex dan tidak akan di temukan dalam pencarian search engine.

Sebenernya saat sobat menginstall pertama kali blog wordpress, secara default akan dipilih dengan opsi yang pertama. Akan tetapi apabila suatu saat sobat menemukan setting privacy nya berubah, silahkan di ganti saja dengan opsi pertama.

  • Permalink

Oke, kemudian langkah selanjutnya ialah dengan mengatur permalink. Permalink ada di bagian Dashboard -> Setting -> Permalink.

Kalau sobat udah menemukannya, maka akan muncul tampilan seperti ini

permalink

Nah kalau default dari wordpress ialah opsi yang pertama. Kalau sobat ingin memiliki link yang SEO friendly, silahkan pilih opsi yang kedua atau ketiga. Maupun kalau ingin mengganti dengan “custom structure” seperti punya saya juga silahkan.

Apabila sobat ingin menggunakan custom structure, sobat bisa pilih konfigurasi berikut

/%postname%/  —-> link akan sesuai dengan judul artikel sobat

/%postname%.html —> link akan sesuai dengan judul artikel sobat dan akan berakhiran dengan ekstensi .html

/%postname%.php —>link akan sesuai dengan judul artikel sobat dan akan berakhiran dengan ekstensi .php

/%category%/%postname%/ —>  link akan sesuai dengan judul artikel sobat, plus di tambah dengan kategori dari artikel yang sobat buat.

Memang apa pengaruhnya dengan SEO? Menurut saya sangat besar sob. Dengan link artikel yang sesuai dengan title dan mengandung keyword yang sedang kita incar, maka akan lebih cepat terindex dan lebih di utamakan oleh search engine dari hasil pencarian.

Oke itulah tadi sedikit trik SEO yang saya gunakan selama ini. Akan tetapi dengan mempraktekkan trik di atas,  tidak akan langsung membuat blog kita muncul di halaman pertama search engine. Masih banyak trik SEO lain yang harus kita kuasai dan lakukan.

Saya sekarang juga masih dalam proses belajar tentang SEO. Kalau nanti ada trik yang laen akan saya bagikan buat sobat semua.

Keep Blogging & Keep Sharing

Semoga Bermanfaat

gambar dari http://go4webapps.com/2011/08/16/7-unbreakable-rules-in-seo/

Comments

  1. Saya pernah baca di suatu blog luar, katanya permalink yang baik adalah permalink yang menyertakan tahun, bulan, tanggal baru postname. Karena, katanya lagi, Google suka hal yang rapi dan teratur.

    Ketika kita membuat permalink berdasarkan susunan tahun, bulan, tanggal dan postname, maka kita sebenarnya membantu Google untuk bisa lebih mudah meingindeks blog kita mas. Makanya saya memakai permalink model itu sejak membuat blog, 3 bulan lalu (ah tidak terasa sudah berumur 3 bulan blog saya :D)

    NB: Referensi gambarnya diberi link hidup mas? Hehe.

    Oh ya, saya ada tips buat link yang menuju blog/situs di luar blog kita mas, seperti link gambar di atas. Biasanya kalau kita menulis URL ke situs/blog lain di luar blog kita kan diberi rel=”nofollow” ya? Nah, tips saya, kalau pagerank situs/blog tersebut dibawah atau sama dengan kita, biarkan rel=”nofollow” tetap ada. Tapi kalau situs/blog tersebut pagerank tinggi atau di atas pagerank kita, hilangkan rel=”nofollow”. Jadi Google nanti bisa membaca kalau blog kita yang “vote” situs/blog dengan pagerank tinggi tersebut. Walaupun dengan vote tersebut, berarti kita membantu pagerank situs/blog lain, tapi cepat atau lambat, blog kita juga akan dapat pagerank karena Google juga membaca siapa yang memberi “vote” tadi. Tips ini belum terbukti secara ilmiah mas, tapi dari pengalaman blog saya yang kalau menurut tips-tips SEO sangat-sangat tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pagerank, yah itu alasan yang paling masuk akal.

    1. @Leo Ari Wibowo, saya juga sempat berfikir demikian mas. Kalau menampilkan tahun, pasti akan lebih mudah juga bagi google untuk mengindex halaman berdasarkan tahun juga.
      Akan tetapi selama ini saya menggunakan struktur seperti di atas.
      Dan masih baik-baik saja 😀
      Eh iya untuk link gambar, saya ga masang nofollow maupu dofollow mas.
      Saya hanya mencantumkan link saja. Do follow atau no follow, saya ga masalah karena saya udah di bantu dengan gambarnya 😀

  2. kalo permalink ya buat seperti blogspot aja /tahun/bulan/judul post/. tapi saya sendiri gak pake kayak gitu, cukup dengan postname.html aja.. kalau tanggal dan bulan kapan artikel tsb. dibuat kan dah ada datanya..

    1. @arif, saya juga lebih senang dengan postname.html mas.
      Untuk permalink yg laen, bagus juga tapi saya rasa lebih simple dengan yg saat ini 😀

  3. dulu saya menggunakan permalink /%postname%, tapi semenjak saya membaca di blognya mas poer creator seo alrp, saya kemudian migrasi permalink dengan menambahkan tahun dan .html, alasannya kurang lebih sama seperti yang diutarakan oleh mas leo ari wibowo, katanya agar lebih mudah masuk ke google news dan cepat terindeks. sedangkan penambahan .html dibelakang permalink fungsinya agar dianggap sebagai halaman statis (fungsinya untuk mempercepat loading website)

    oiya, saya pernah membaca di salah satu forum, tapi lupa dimana, dibelakang permalink, harap ditambahkan “/” agar pada saat request ke hosting memang benar2 berhenti di directory tersebut.

    tapi jika tujuannya untuk seo, permalink dengan /%postname%/ masih banyak yang menyarankan demikian mas, tapi jangan lupa juga untuk menyisipkan keyword di URL pada saat posting artikel baru. Inilah salah satu keunggulan wordpress dibandingkan blogspot, kita bisa sesuka hati mengedit link URL postingan, meskipun berbeda jauh dengan judul artikel.:P

  4. Sekedar saran aja, untuk permalink yang diawali categories dan postname tidak disarankan untuk alasan performance..

    Untuk lebih jelas bisa lihat disini hxxp://codex.wordpress.org/Using_Permalinks

    Kalau saya lebih senang tahun/bulan/post/

  5. sorry gan, kya na ada tulisan yang rada ga enak dibaca deh “apabila suatu saat soabt”.
    oh ya, yang tak kalah penting na adalah backlink dofollow. sampai saat ini saya agak susah mencari na.

    1. @ibnu ismadi, eh ternyata ada yang salah ketik 😆
      jarinya keseleo mas he…
      Ya kalau backlink dofollow itu untuk step selanjutnya mas.
      Kan ini saya baru nulis step paling awal and pertama saat install.he…
      Saya sendiri malah belum dapet backlink.
      gimana online storenya mas?

      1. @Adi Wibowo, insyaAllah hari ini saya upload gambar2 buku na..tp saya buku yang saya dapat baru 4 judul buku saja.
        sorry kali ne saya pke user name online store saya. ya itung2 menanam backlink walau nofollow..xixixixi
        boleh kan?

          1. @Adi Wibowo, buku na barusan saya tambah gan. sekarang dah ada 5 buah. diskon bagi mereka yang paling mengorder buku saya. lebih detai na silakan baca artikel saya hxxp://bahasaislam.com/toko-online-buku-muslim-dot-com.html

  6. gpp kok gan. lain kali insyaAllah bisa.
    doain ane ya. insyaAllah ( akhir bulan/awal bulan depan/secepat na ) ane berniat memberi uang ke teman2. ya walau uang na ga segitu banyak tapi untuk ke depan na ane niat untuk memperbanyak jumlah uang tersebut.

  7. Makasih banyak Mas informasi nya, maklum masih newbie masih coba belajar untuk SEO. Intinya apa sih dalam SEO itu..? apa harus backlink aja yach dengan sebanyak-banyaknya backlink..? tolong pencerahannya Mas.
    Makasih cekidot 😉

  8. Kalau masalah permalink kayanya memang masih ada perdebatan gan
    tapi kalau pakai postname memang lebih mudah dibaca aja keliatannya, soalnya kalau diperhatikan beberapa situs besar malah permalinknya pakai kode2 angka tapi SEO nya mantep. Sy juga ada yang pakai tahun/bulan tapi ga keliatan bedanya sama yg pakai postname. Jadi kayanya semua bakalan balik sama skor SEO keseluruhan apalagi si mbah google dah berkali-kali ngerubah alogaritma nya 🙂

    1. @Iseng Ngeblog, Iya mas, saya juga liatnya masih banyak sobat blogger maupun master SEO yg menggunakan permalink postname.
      Ya kalau saya, udah ngerasain memang selain enak bacanya juga hasil index artikel di google mantab. Kalau yg pakai tahun, bulan saya belum pernah.

  9. Kalau saya menyertakan bulan dan tahun kemudian postname pada permalink. Tapi menurut saya google udah canggih kok dalam menyeleksi blog mana saja yg layak dapat page rank bagus.