Kenapa Saya Memilih WordPress?

wordpress-logo Sobat blogger pasti tau dan ngerti bahwa banyak tempat untuk menulis dan mengelola blog saat ini, mulai yang gratis sampai yang berbayar. Seperti di blogger, wordpress.com, blogdetik, dan masih banyak lagi, itu memberikan kita gratis hosting dan sub domain jadi kita ga perlu biaya untuk menggunakannya tentunya dengan space yang terbatas. Nah kalau untuk yang berbayar ya maksudnya kita beli domain dan hosting sendiri yang secara otomatis kita bisa sesuaikan dengan keperluan kita.

Nah untuk yang berbayar saat kita mempunyai hosting dan domain sendiri, kita bisa menentukan engine atau cms apa yang akan kita pakai. Setahu saya memang ada beberapa cms yang sering di gunakan oleh beberapa sobat blogger untuk mengelola blognya. Ada yang menggunakan WordPress, Joomla, Drupal, dan masih banyak yang lainnya. Akan tetapi untuk saya sendiri lebih suka dan lebih memilih wordpress sebagai engine blog ini. Tentunya dengan berbagai pertimbangan yang akhirnya wordpress jadi pilihan saya.

Berikut ini beberapa pertimbangan saya memilih wordpress sebagai engine blog saya:

  • User Friendly. Selama saya kenal blog pertama kali ialah dengan wordpress, walaupun saat itu baru kenal dengan wordpress.com . Tapi saat itu saya langsung suka dan dan ga ribet saat mengelolanya, mulai dari menulis artikel, ganti theme, hingga menambah widget ternyata sangat mudah. Beda banget saat dulu saya mencoba bermain dengan blogger, lebih rumit ga semudah wordpress. Makanya sampai sekarang blog pertama saya di wordpress.com yang beralamat http://www.adiwibowo.wordpress.com tetapΒ saya pertahankan dan saya hidupkan kembali.
  • Theme yang banyak dan cantik-cantik. Selain kemudahan dalam mengelola, salah satu hal yang membuat saya meminang wordpress ialah karena banyaknya pilihan theme yang cantik-cantik. Dari yang gratis, berbayar, sampai yang nulled pernah saya pakai. Sampai akhirnya saya bingung sendiri untuk memilihnya πŸ˜€
  • Engine wordpress bersahabat dengan hosting. Salah satu alasan saya memilih wordpress ialah enginenya sangat bersahabat untuk core wordpress paling hanya sekitar 10 MB. Tapi kalau udah ga perawan lagi πŸ™‚ maksudnya udah di modif seperti ganti theme and plugin yang banyak otomatis filenya akan membengkan. Akan tetapi menurut saya masih tetap bersahabat kok πŸ˜€
  • Banyak plugin pendukung. Yup plugin pendukung wordpress memang begitu banyaknya, sehingga dapat membuat blog menjadi lebih powerfull, ya mulai dari SEO, keamanan, dan yang lainnya.
  • SEO friendly. Nah faktor inilah yang membuat wordpress begitu di sukai oleh blogger, selain user friendly wordpress juga SEO friendly jadi bila kamu menggunakan engine blog dengan wordpress dapat di pastikan akan lebih cepat keindeks oleh mbah google dan yang pasti siap ikut dalam perebutan dalam halaman pencarian google, bing, maupun yahoo dalam keywords-keywords bidikan kamu. Tentunya kamu harus bener-bener memaksimalkan fitur wordpress dan menguasai ilmu-ilmu dalam per-SEO-an πŸ˜€

Kayaknya segini dah cukup lah kenapa saya memilih wordpress sebagai engine blog ini. Mungkin sobat mempunyai alasan yang berbeda?atau ingin menambahkan? Silahkan di komentari.

Semoga bermanfaat πŸ™‚

 

Comments

  1. kalau alasan secara khusus mengapa saya memilih WP sebenarnya juga nggak ada…
    hanya sekedar mencoba saja dan ekplorasi kecil2an terhadap fitur2 di dalamnya…

    ada kekurangan dan kelebihan masing2,tidak ada yang sempurna,hanya memang bagi blogger baru,ketika harus menggunakan WP dengan domain dan hosting sendiri,pasti akan mengalami kesulitan,tapi justru di situlah letak tantangannya…

    saya dulu bahkan harus mencoba sampai 3 kali host sampai akhirnya bisa instalasi sendiri,autodidak mas,mau bertanya malu,malu sama umur..ha..ha….

    dan memang blogspot lebih mudah serta friendly bagi para newbie seperti saya,eksplorasi theme dan html lebih mudah,tapi bukan berarti tanpa kelemahan,dan kelemahan itulah yang akhirnya di ambil WP dan di munculkan sebagai keunggulan WP…

    eh..koq aku malah curhat yo?..ha..ha….

    1. He…curhatnya malah kebalikan dari saya ya?
      Selama saya menggunakan blogspot malah merasa rada ribet mas wid.
      Kayaknya lebih enakan wordpress dalam mengelola themenya.
      Yah mungkin tiap orang berbeda dalam penilaianya πŸ˜€

  2. Yang saya sukai dari wordpress adalah lebih SEO friendly dan lebih mudah melakukan costumasi, dibanding cms sebelumnya (joomla) yang saya gunakan…

    1. Nah, komentar bro eser ini kayaknya lebih objektif karena telah menggunakan CMS lain sebelum menggunakan WordPress. Kalau saya sendiri, sebelum menjajal WP saya pakai blogger. Dari pengalaman menggunakan keduanya, WP (khususnya yang .org/self hosting) lebih memberikan keleluasaan untuk mengoptimasi blog kita. Entah itu pada SEO-nya, kustomisasi theme, manajemen komentar, optimasi CSS, optimasi loading-time, hingga berbagai optimasi lainnya.

    2. Saya juga setuju dengan bro eser, saya pernah memakai joomla juga. Memang sedikit lebih rumit dalam costumasinya. Dan masalah SEO friendly nya masih kalah jauh dengan wordpress πŸ˜€

  3. Saat saya pertama kali belajar ngeblog 3 tahun yang lalu rekomendasi pertama untuk bikin blog saya disuruh pakai wordpress org. Dengan berjalannya waktu saya malah beralih ke blogspot. Dan ala bisa karena biasa. Meski wordpress banyak kelebihan tapi saya terlanjur familiar dengan blogspot. Saya punya blog wordpress justru saya anggurin tak pernah update sampai sekarang.

    Kalau saya saat ini sudah tidak terlalu memusingkan rumahnya apa. Yang penting fokus dan rajin update contentnya. Mau rumahnya bagus SEO friendly tapi kalau artikelnya jarang diupdate yo sama aja. Siapa yang mau berkunjung dan baca. Betul, nggak Mas?

    Tapi memang ada masanya, kok. Ada masa dimana kita masih suka berkutat dengan rubah2 template, plugin dan widget pernak-pernik blog segala macam. Dan nanti ada masanya juga kita mulai bosan dan tak memusingkan hal-hal seperti itu lagi.

    1. Saya setuju dengan pak joko. Memang ada saatnya kita masih suka ganti2 theme, plugin, dan widget dan yang lainnya. Mungkin untuk yang masih relatif muda itu jadi sebuah keasyikan tersediri.
      Tapi untuk blog memang paling penting adalah konten artikelnya, sepertinya pak joko memang sudah nyaman dengan blog yang sekarang. Semoga saya bisa menirunya.
      Makasih masukannya pak joko πŸ˜€

    2. Pak Joko ini berarti kebalikan dari saya πŸ˜€
      Saya di blogspot dulu lama, sekitar 2 tahunan. Sekarang mencoba WP dan memang WP itu user friendly, apalagi yang self-host πŸ™‚

  4. lumayan suka dengan themes ini mas, menarik, apalagi home pagenya bentuknya unik begitu. hehe, sip2, saya juga memakai engine wordpress kok.

  5. WP simple,powerfull dan seo friendly dibanding cms yg pernah saya coba spt drupal,joomla,aura

  6. Saya dulu awalnya pakai wordpress, walau sekarang saya numpang host di blogspot tapi kalau suruh milih saya milih wordpress. Menurut saya, kelemahan paling mendasar dari wordpress yang menyebabkan saya memilih numpang di blogspot adalah biaya sewa hostingnya πŸ˜€
    Bukan berarti tidak mau modal, toh harus difikirkan sisi positif dan negatif dari sisi yang lebih luas, dan bukan hanya karena satu alasan saja πŸ™‚

    Semoga sukses mas…
    Salam

  7. saya suka wordpress karena point yang pertama diatas, sangat user friendly
    dukungan plugin juga banyak cuma saya berharap ada plugin mutli bahasa seperti di Joomla, ini sudah ada belum ya di wordpress?
    Seorang teman saya yang bermain di bawah tanah (web mobile) membuat sebuah script blog sederhana, yang saya sukai adalah dia membuat fitur multi bahasa pada script blog karyanya.

  8. blog saya juga menggunakan wordpress… karena terpaksa pemberian dari kampus itu wordpress…. g bisa utak-atik plug in karena udah dari kampus dikasih plugin yang itu-itu saja…

    buat belajar dulu aja siapa tahu suatu saat bisa beli domain dan hosting sendiri :2thumbup :sup2:

    1. Sip, buat belajar dulu aja mas choirul.
      Ntar beli domain and hosting sendiri aja.
      Eh kayaknya sekarang banyak promo hosting and domain murah lho.
      Di coba aja maz.

  9. Udah ga suka lagi sama wordpress…wp terlalu bertele-tele dan kurang gigit gitu loch..oia drupal sebenarnya sebuah framework yang mencerminkan CMS :sungkem

    1. Wah saya baru bisa wordpress mbak zahra.
      Drupal pernah coba install tapi bingung, jadi ya belum dilanjutin belajarnya.
      :malu

    2. πŸ˜€ ihhhii master drupal berkomentar hehehe

      kalo saya sih karna yang pertama kenal wordpress sih. hemm kalo saja waktu itu saya memilih drupal, mungkin saya akan lebih terbiasa dengan drupal..

      ternyata, edukasi perdana itu sangat mempengaruhi

      1. Bener banget bro, saya pertama kali ngeblog juga pake wordpress.com.
        Jadi kerasa lebih enak akhirnya pake juga wordpress.org ternyata lebih enak dan powerfull πŸ˜€

  10. Pertama kenal blog dari blogspot sekitar 2007, kemudian coba wp.com terus joomla tapi gak lama karena di saat berbarengan malah ketagihan sama wordpress (self hosting), pokoknya User Friendly, SEO friendly gampang dioprek/custom, powerfull dan masih banyak kelebihan2 lainnya … dan ternyata banyak juga perusahaan2 bertaraf international yg menggunakan cms wordpress sebagai media pamasarannya, sebut saja misalnya, CNN, Fisherprice, Wall Street Journal, Forbes, National Geographic, Nikon, CIDA Enterprises, Pepsi, Nokia, Ford, Coca-Cola dan masih banyak lagi ….

    1. Saya dulu juga pernah mencoba blogspot mas, tapi mungkin ga cocok buat saya.he..
      Akhirnya saya pilih wordpress self hosting.
      Walau begitu saya masih mempertahankan wp.com juga, sebagai blog pertama saya.he….

  11. Makasih sudah berbagi pengetehuan Gan….. oke gan ane juga setuju ane juga pake wordpress pokoknya powerful banget deh….. salam kenal gan jangan lupa kunjung balik ya gan….. salam persahabatan Gan…..

  12. Saya juga suka wordpress mas. Alasannya karena untuk membuat template WordPress itu jauh lebih mudah daripada membuat template Blogspot πŸ˜€

    * saya lebih suka membuat template sendiri daripada memakai template lain. Lebih bebas.

    1. @Leo Ari Wibowo, ya karena mas leo desainer theme wordpress πŸ™‚
      Dan memang saya juga lebih mudah mengedit theme wordpress dibanding blogspot.
      Pusing lah kalau blogspot πŸ™‚

  13. […] yang sering di gunakan oleh beberapa sobat blogger untuk mengelola blognya. Ada yang menggunakan WordPress, Joomla, Drupal, dan masih banyak yang lainnya. Akan tetapi untuk saya sendiri lebih suka dan lebih […]

  14. sepakat gan, website memamang lebih powerfull. saya gunakan untuk mempromosikan jawa wisata jogja saykan a. sangat bisa meguntung

  15. klo saya pilih joomla dan wp karena saya ada satu situs domain utama menggunakan joomla dan sub domain menggunakan joomla dan klo untuk animasi masih bagusan joomla cuman yaitu joomla klo loadingnya agak besar bandwith nya dan klo wordpress agak ringan dan databasenya yg agak ramping tetapi animasi nya agak lebay hehehe……dan satu lagi klo perusahaan besar mereka lebih cenderung menggunakan joomla karena sistemnya yg agak kompleks dan juga untuk ecommerce memang bagusan joomla karena dukungan virtuemart loe, dan klo hanya untuk blog ringan oakai wp sudah cukup bagus…

  16. klo saya pilih joomla dan wp karena saya ada satu situs domain utama menggunakan joomla dan sub domain menggunakan wordpress dan klo untuk animasi masih bagusan joomla cuman yaitu joomla klo loadingnya agak besar bandwith nya dan klo wordpress agak ringan dan databasenya yg agak ramping tetapi animasi nya agak lebay hehehe……dan satu lagi klo perusahaan besar mereka lebih cenderung menggunakan joomla karena sistemnya yg agak kompleks dan juga untuk ecommerce memang bagusan joomla karena dukungan virtuemart loe, dan klo hanya untuk blog ringan oakai wp sudah cukup bagus…

  17. saya masih pake dua2nya wp sama blogspot, keduanya punya kelebihan kekurangan masing2.
    tapi secara keseluruhan kalau paka wp self hosting kayanya lebih enak dibanding blogspot terutama masalah desain lebih gampang diutak-atik beda sama blogspot.

    Tapi kalau sama2 pake gratisan sy pilih blogspot karena ga ada larangan buat dipakai keperluan komersil πŸ™‚